Saturday, November 14, 2015

16 Kunci Keberhasilan Negosiasi

http://teori-politik.blogspot.com/2015/11/16-kunci-keberhasilan-negosiasi.html
Bagaimana sudah memahami apa itu negosiasi? Setelah kemarin kita membahas apa itu negosiasi dengan memperhatikan beberapa pendapat para ahli. Kali ini saya akan membahas apa saja yang menjadi faktor kunci penentu keberhasilan dari sebuah negosiasi. Harry A. Mills menyebutkan bahwa setidaknya ada enam belas faktor kunci yang menyokong keberhasilan suatu negosiasi, jadi bagi anda negosiator berkonsentrasilah pada hal - hal berikut ini. 


Pertama, persiapkan diri secara tuntas. Persiapan tuntas kerap menentukan antara keberhasilan dan kegagalan. Waktu yang dihabiskan saat kita bergadang mempersiapkan segala keperluan dan detail yang kita persiapkan dengan baik, maka akan terbayar ribuan kali lipat, karena persiapan yang matang memiliki persentase keberhasilan yang besar dalam sebuah negosiasi. 

Kedua, fokus pada kepentingan ketimbang posisi. Seni negosiasi terletak dalam usaha mendamaikan kepentingan anda dan mereka. Jadi fokuslah untuk mencari titik temu dari kepentingan kedua belah pihak, bukan mengutamakan posisi dan keuntungan pribadi. 

Ketiga,  Gunakan BATNA daripada patokan akhir. BATNA (Best Alternatif To A Negotiated Agreement) atau alternatif terbaik bagi kesepakatan yang dinegosiasikan memberikan perlindungan, fleksibilitas, dan mendorong pemecahan masalah yang imajinatif. 

Keempat, ketahui prioritas anda. Negosiator yang sukses menghargai tiap isu dan pandai menempatkan prioritas mereka dalam urutan kepentingan. Mereka menukar prioritas rendah mereka untuk memperoleh prioritas tinggi mereka. Jadi tentukan terlebih dahulu skala prioritas yang ingin anda capai, mulai dari terendah sampai tertinggi. 

Kelima, buat waktu bekerja untuk anda. Negosiator handal tidak akan pernah kalah menghadapi tekanan waktu (deadline). Bersabarlah dan konsisten melakukan pekerjaan anda, jadikan waktu menjadi sekutu anda. 

Enam, ajukan banyak pertanyaan. Negosiator yang baik rata-rata mengajukan pertanyaan dua kali lebih banyak dibandingkan lainnya. Pertanyaan meliputi kebutuhan, memberikan informasi, meredakan konflik, membujuk dan tetap memegang kendali. 

Tujuh, dengarkan secara aktif. Negosiator yang baik akan mendengarkan secara serius dan tidak mudah emosi. Mereka mencoba mengerti setiap refleksi perasaan lawan bicara dan mencoba menempatkan diri agar tetap berada pada jalur dan tidak terbawa alur lawan. 

Delapan, tegaskan kebutuhan anda. Negosiasi akan berjalan efektif saat negosiator menggunakan bahasa yang tegas bukan bahasa yang agresif. Menyatakan secara jelas apa yang mereka inginkan, dan pikirkan. Gaya bicara tersebut disebut dengan asertif, dimana pembicara menegaskan kebutuhan mereka dengan memilih kata dan bahasa tubuh yang menyampaikan kekuatan dan otoritas. 

Sembilan, selidiki dengan proposal bersyarat. Negosiator yang baik ahli menyelidiki bidang-bidang gerakan dengan proposal ringkas dan tentatif.

Sepuluh, Jejaki banyak pilihan. Negosiator yang baik akan berusaha menambah jumlah variabel, karena tiap variabel baru akan menciptakan banyak pilihan untuk keuntungan bersama. Semakin banyak variabelnya, maka semakin besar peluang terjadinya kesepakatan. 

Sebelas, mulai tinggi, mengalah perlahan. Negosiator yang baik secara konsisten mengarah lebih tinggi, menciptakan ruang untuk bergerak dan mengalah secara perlahan dengan konsesi kecil dengan laju yang terkendali. dan mereka memastikan pihak lawan akan melakukan timbal balik. 

Duabelas, verifikasi apa yang sudah disepakati. Negosiator yang baik tidak pernah meninggalkan meja negosiasi tanpa memeriksa kembali setiap pokok kesepakatan. mereka meringkas setiap okok di atas kertas dan membuat rencana pertemuan untuk menyelesaikan perbedaan di masa yang akan datang. 

Tigabelas, tinjau hasil kerja anda. Negosiator yang baik selalu belajar dari kesalahan mereka. mereka akan memeiksa kembali negosiasi dengan mencari hal-hal yang perlu diperbaiki. 

Empatbelas, kembangkan hubungan kerja jangka panjang. Jagalah hubungan baik dengan lawan negosiasi anda pasca kesepakatan dalam negosiasi telah tercapai. Karena itu merupakan investasi kepercayaan untuk massa yang akan datang. 

Limabelas, Maksimalkan kekuasaan anda

Enambelas, Adaptasikan strategi anda agar pas dengan situasi dan kondisi. Negosiator yang baik selalu termotivasi untuk menang dan mencapai hasil yang diinginkan. Akan tetapi, negosiator yang sukses adalah selalu berusaha menjajaki pilihan dan keuntungan bersama dan berusaha memnuhi kepentingan kedua belah pihak serta mampu menyesuaikan strategi dan taktik mereka dengan kondisi dan situasi negosiasi pada saat itu.  

Baca Juga : 
Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli 

Penulis : Yoghi Kurniawan Prathama, S.IP. 

Terimkasih sudah berkunjung, mari berdiskusi di blog kami. Kajian Politik itu seru dan dinamis. Jadi, lihatlah disekeliling anda, fenomena politik akan senantiasa kita jumpai.
EmoticonEmoticon